7.24.2012

Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan


Yoghurt pada dasarnya adalah susu. Namun, karena rasanya asam tampaknya bagi sebagian orang tak terlalu menyenangkan. Tapi, sebenarnya yoghurt banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Yoghurt merupakan susu yang dibuat secara fermentasi dengan bakteri khusus yaitu probiotik. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Sedangkan, jenis susu yang dapat dibuat yoghurt bisa apa saja, termasuk susu kedelai.


Dengan adanya Probiotik, yoghurt membantu masalah perut. Menurut pakar gizi dan kuliner Robin Plotkin, RD bakteri ini menyeimbangkan mikroflora dalam usus dan dapat membantu pencernaan serta menjaga tubuh tetap fit.

Untuk mendapat manfaat tersebut,  pastikan yoghurt mengandung setidaknya satu miliar unit pembentuk koloni (colony-forming units atau CFUs) probiotik hidup. Informasi ini biasanya tersedia di situs-situs merk Yoghurt terkenal.

Selain itu, yoghurt juga dapat membantu jantung jadi sehat. Sebab susu fermentasi ini rendah lemak bahkan bebas lemak. Menurut pakar kesehatan Alvaro Alonso, MD, PhD dari Sekolah Kesehatan Masyarakat University of Minnesota, mengonsumsi yoghurt dapat menurunkan resiko terserang tekanan darah tinggi. Secara umum protein dalam susu bermanfaat mengatur tekanan darah, kadar kalsium, magnesium, potasium dan menurunkan tekanan darah.

Sedangkan untuk kecantikan, yoghurt bisa meremajakan wajah. Hebat bukan? Dermatolog Hema Sundaram pada Health.com mengungkapkan yoghurt dapat membantu pengelupasan lapisan atas kulit dan membersihkan noda, serta mengurangi kerutan-kerutan halus.

Caranya ? Campurkan 1 cangkir Yoghurt dengan 2-3 tetes minyak almond atau minyak zaitun dan satu sendok madu. Oleskan ke wajah, diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air dan keringkan. Hasilnya, kulit wajah yang lebih bercahaya.

No comments: