8.09.2012

Manfaat Senyum yang Mengejutkan bagi Kesehatan


Mungkin Anda bosan dengan saran dari para ahli etika tentang senyum dalam pergaulan. Senyum adalah tanda keramahan, etika penting dalam pergaulan yang disukai banyak orang, tanda kesopanan dan sejenisnya. Namun, bagaimana tentang manfaat tersenyum untuk kesehatan?

Ternyata ada
serangkaian manfaat senyum yang mengejutkan untuk kesehatan. Ya, mengejutkan karena tidak banyak orang menyadari atau tahu tentang hal itu. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Ketika seseorang tersenyum, i
ni meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Perasaan santai saat tersenyum membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Dengan demikian, orang yang suka senyum akan lebih tahan terhadap penyakit seperti flu dan pilek.

2. Menurunkan tekanan darah
Ketika tersenyum, maka ada penurunan nilai tekanan darah yang dapat diukur. Cobalah Anda mengukur tekanan darah saat duduk santai di rumah
sambil tersenyum selama satu menit. Kemudian, mengukur tekanan darah kembali saat melakukan hal-hal lainnya. Pasti ada perbedaan.

3.
Mengurangi rasa sakit
Ketika tersenyum, tubuh
mengeluarkan endorfin yaitu zat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, dan serotonin. Jadi, senyum dapat membantu seseorang merasa lebih baik dan itu adalah obat alami. Mengejutkan bukan?

4. Mengurangi stres dan membuat
awet muda
Otot-otot wajah
yang digunakan ketika tersenyum jauh lebih kecil dari otot-otot wajah yang digunakan ketika mengerutkan kening. Dengan demikian, kekuatan otot-otot wajah lebih dapat dipertahankan ketika seseorang tersenyum. Dengan demikian, otomatis bisa membuat orang lebih awet muda. Senyum juga otomatis menghilangkan stres, menurunkan tekanan darah dan pengeluaran endorfin yang membuat tubuh merasa rileks.

Nah, sudah tahu ser
angkaian manfaat yang luar biasa dari senyum? Maka, banyak-banyaklah tersenyum. Bahkan, ketika Anda berada dalam kesulitan!

No comments: