5.27.2012

Khasiat Obat dari Buah-buahan


Bila kita sering tergoda melihat kesegaran penampilan buah-buahan dan selalu ingin melahapnya, turuti saja kemauan ini. Percayalah, buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesegaran dan kesehatan tubuh manusia. 

Boleh dikata, buah-buahan ini bukan hanya lezat, namun selayaknya obat yang kaya manfaat.Kenali khasiat obat atau manfaat dari buah-buahan bagi kesehatan berikut ini. Ada manfaat buah alpukat, strawberry, apel dan anggur menurut para dokter dan ahli kesehatan.


1. Manfaat buah alpukat
Buah yang berdaging lembut berwarna kuning kehijauan ini sangat tinggi kandungan nutrisinya. Ada 11 vitamin dan 14 mineral, serta protein, riboflavin (Vit B2)  niasin (Vit B3), dan potassium, juga Vitamin C di dalamnya. Tak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya karena lemak dari alpukat merupakan lemak tak jenuh yang justru bermanfaat bagi tubuh.

Menurut para ahli kesehatan, buah alpukat dapat melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit terkait kolesterol, tekanan darah dan jantung. Siapa sangka alpukat nan lembut itu juga mampu membunuh sel penyebab kanker terutama kanker prostat dan payudara, oleic acidnya menurunkan kolesterol jahat dan pottasiumnya menurunkan tekanan darah. Sementara, sodium mengurangi tekanan darah tinggi dan stroke. Sedangkan vitamin dan antioksidannya tentu saja sangat menunjang kesegaran kulit.

2.  Manfaat buah strawberry
Strawbery si mungil dengan bentuk lucu dan berwarna merah ini, jangan diremehkan. Strawberry sangat kaya antioksidan, Vitamin C, juga mengandung folat, serat, potasium, serta asam ellagic.
 
Manfaatnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi gejala stroke. Selain itu, strawberry mengandung zat anti alergi dan radang, dapat melawan encok dan juga radang sendi.
Delapan buah strawberry sehari mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda plus vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa tiap hari.


Mengkonsumsi buah strawberry secara teratur setiap hari, mampu menghaluskan kulit dan juga mencegah proses penuaan akibat radikal bebas. Kandungan asam ellagic pada strawberry bisa memperlambat aktivitas sel kanker.


3.  Manfaat buah apel      

Buah yang sering digambarkan berbentuk hati ini berkulit mengkilap, ada yang hijau serta merah. Buah apel kaya akan serat, vitamin A, B dan  C, mineral seperti
kalsium, magnesium, zat besi, potasium,  dan fitokimia yakni antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menekan kolesterol jahat. 
 
Tak heran, buah apel sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apel mampu mencegah asma, aneka jenis kanker (paru-paru, usus, payudara, ovarium, prostat, hati). Selain itu apel dapat menstabilkan gula darah dan menurunkan kolesterol. Selain itu, karena apel meningkatkan produksi asetilkolin, zat kimia yang mentransmisikan pesan antara sel-sel saraf, sehingga kandungan apel mampu menjaga ketajaman otak seiring pertambahan usia, meningkatkan memori, dan berpotensi mengurangi kemungkinan mendapatkan penyakit Alzheimer.


4.  Manfaat buah anggur
Meskipun, anggur kadang terasa mahal harganya, tapi jangan ragukan segudang manfaat mengkonsumsi buah anggur. Buah ini mengandung antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber energi yang menyegarkan dan berkhasiat mencegah penuaan dini. 

Selain itu, buah ini mengandung vitamin C, A, B (thiamin), E, dan K (kalium). Vitamin C, selain dapat menyehatkan gusi dan mulut (anti sariawan), juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga imunitas tubuh. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. 

 
Bagi penderita asma, buah anggur sangat dianjurkan. Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

Anggur juga bersifat antibakteri dan antivirus yang sangat kuat sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Selain itu, penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer. Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.
 
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah. Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
 
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.Dengan sederet panjang manfaat buah anggur di atas, tak heran anggur berharga mahal. Harga yang sepadan.