Hotel merupakan kebutuhan penting saat orang berkunjung ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggalnya untuk berwisata ataupun urusan lainnya. Bandung merupakan kota yang telah berkembang al. sebagai tempat wisata, bisnis, juga pendidikan. Sehingga, jumlah pengunjung yang datang ke kota ini kian hari kian meningkat.
Kondisi tersebut merupakan peluang sangat besar bagi para pengusaha hotel untuk meraih konsumen. Tak heran, jumlah hotel di Bandung pun kian bertambah. Namun, hotel seperti apakah yang paling disuka dan dicari konsumen kini?
1. Nyaman
Faktor
kenyamanan merupakan hal yang utama, saat memilih hotel untuk menginap.
Di sini ada asumsi semakin mahal, semakin nyaman. Atau hotel berbintang
paling banyak, artinya lebih banyak menawarkan kenyamanan dengan aneka
fasilitasnya, dan tentu saja harga yang kian mahal.
Namun, kini konsumen mulai selektif. Kenyamanan pun bisa relatif bagi setiap orang. Ada kecenderungan, semakin banyak konsumen yang memilih kenyamanan itu lebih pada suasana hatinya menikmati sebuah hotel. Hotel yang sangat mewah bisa jadi terasa asing bagi seseorang yang berjiwa ‘rumahan’. Ia lebih menyukai kesederhanaan, mengutamakan kehangatan perasaan saat menikmati layanan penginapan. Dengan demikian, faktor pelayanan menjadi hal penting dalam memberikan kenyamanan kepada konsumen. Apa artinya hotel mahal, tetapi pelayanan tidak professional? Atau untuk apa membayar hotel mahal, padahal fasilitasnya tidak terpelihara dengan baik kebersihannya?
2. Harga yang Fair
Konsumen
akan mempertimbangkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas dan
pelayanan yang diberikan. Bila harga yang ditawarkan terlalu mahal atau
tidak setara dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan, konsumen
tidak akan tertarik untuk menginap. Maka, hotel yang menjadi favorit
konsumen adalah yang mampu memberikan harga bersaing di kelasnya (lebih
murah) dibanding hotel sejenis di kelasnya tapi dengan fasilitas dan
pelayanan yang baik.
3. Pelayanan yang ramah dan professional
Pelayanan
yang ramah dan professional sangat dibutuhkan oleh konsumen hotel.
Karena, tujuan orang menginap di hotel adalah untuk beristirahat dan
mencari ketenangan. Sehingga faktor keramahan, persahabatan sekaligus
profesionalitas menjadi hal yang diunggulkan.
4. Fasilitas yang memadai dan terpelihara baik
Fasilitas
penginapan yang memadai dan terpelihara dengan baik kebersihan dan
kualitasnya paling disuka oleh konsumen. Setidaknya, fasilitas itu
utamanya yang terdapat dalam kamar seperti tempat tidur yang nyaman,
bersih, indah, serta kamar mandi yang berkualitas sama nyaman, bersih
dan indah.
5. Aksesibel
Hotel
yang mudah dicari posisinya, terletak di tempat strategis paling disuka
oleh konsumen. Hotel ini memudahkan mobilitas dan mendekatkan konsumen
dengan fasilitas-fasilitas kehidupan lainnya seperti stasiun, bandara,
tempat perbelanjaan, dll.
Selain hal-hal tersebut di atas, pengenalan dan informasi yang cukup mengenai hotel juga dapat membantu konsumen menentukan pilihan Jika hotel anda layak menjadi hotel favorit, sebaiknya sebarkan informasi sebanyak mungkin mengenai hotel anda kepada khalayak konsumen. Internet bisa menjadi pilihan yang populer, karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja.
Selain hal-hal tersebut di atas, pengenalan dan informasi yang cukup mengenai hotel juga dapat membantu konsumen menentukan pilihan Jika hotel anda layak menjadi hotel favorit, sebaiknya sebarkan informasi sebanyak mungkin mengenai hotel anda kepada khalayak konsumen. Internet bisa menjadi pilihan yang populer, karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja.