3.03.2012

Hotel-hotel Favorit Konsumen


Hotel merupakan kebutuhan penting saat orang berkunjung ke suatu tempat yang jauh dari tempat tinggalnya untuk berwisata ataupun urusan lainnya. Bandung merupakan kota yang telah berkembang al. sebagai tempat wisata, bisnis, juga pendidikan. Sehingga, jumlah pengunjung yang datang ke kota ini kian hari kian meningkat.

Kondisi tersebut merupakan peluang sangat besar bagi para pengusaha hotel untuk meraih konsumen. Tak heran, jumlah hotel di Bandung pun kian bertambah. Namun, hotel seperti apakah yang paling disuka dan dicari konsumen kini?  

1.  Nyaman
Faktor kenyamanan merupakan hal yang utama, saat memilih hotel untuk menginap. Di sini ada asumsi semakin mahal, semakin nyaman. Atau hotel berbintang paling banyak, artinya lebih banyak menawarkan kenyamanan dengan aneka fasilitasnya, dan tentu saja harga yang kian mahal.

Namun, kini konsumen mulai selektif. Kenyamanan pun bisa relatif bagi setiap orang. Ada kecenderungan, semakin banyak konsumen yang memilih kenyamanan itu lebih pada suasana hatinya menikmati sebuah hotel. Hotel yang sangat mewah bisa jadi terasa asing bagi seseorang yang berjiwa ‘rumahan’. Ia lebih menyukai kesederhanaan, mengutamakan kehangatan perasaan saat menikmati layanan penginapan. Dengan demikian, faktor pelayanan menjadi hal penting dalam memberikan kenyamanan kepada konsumen. Apa artinya hotel mahal, tetapi pelayanan tidak professional? Atau untuk apa membayar hotel mahal, padahal fasilitasnya tidak terpelihara dengan baik kebersihannya?

2. Harga yang Fair
Konsumen akan mempertimbangkan harga yang ditawarkan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Bila harga yang ditawarkan terlalu mahal atau tidak setara dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan, konsumen tidak akan tertarik untuk menginap. Maka, hotel yang menjadi favorit konsumen adalah yang mampu memberikan harga bersaing di kelasnya (lebih murah) dibanding hotel sejenis di kelasnya tapi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik.

3. Pelayanan yang ramah dan professional
Pelayanan yang ramah dan professional sangat dibutuhkan oleh konsumen hotel. Karena, tujuan orang menginap di hotel adalah untuk beristirahat dan mencari ketenangan. Sehingga faktor keramahan, persahabatan sekaligus profesionalitas menjadi hal yang diunggulkan.

4. Fasilitas yang memadai dan terpelihara baik
Fasilitas penginapan yang memadai dan terpelihara dengan baik kebersihan dan kualitasnya paling disuka oleh konsumen. Setidaknya, fasilitas itu utamanya yang terdapat dalam kamar seperti tempat tidur yang nyaman, bersih, indah, serta kamar mandi yang berkualitas sama nyaman, bersih dan indah.

5. Aksesibel
Hotel yang mudah dicari posisinya, terletak di tempat strategis paling disuka oleh konsumen. Hotel ini memudahkan mobilitas dan mendekatkan konsumen dengan fasilitas-fasilitas kehidupan lainnya seperti stasiun, bandara, tempat perbelanjaan, dll.

Selain hal-hal tersebut di atas, pengenalan dan informasi yang cukup mengenai hotel juga dapat membantu konsumen menentukan pilihan Jika hotel anda layak menjadi hotel favorit, sebaiknya sebarkan informasi sebanyak mungkin mengenai hotel anda kepada khalayak konsumen. Internet bisa menjadi pilihan yang populer, karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja.