3.06.2012

Wisata Alam : Taman Bunga Cihideung, Lembang Bandung


 
Ingin menikmati pemandangan indah alami yang menyejukkan mata di Bandung, tanpa terlalu repot dan lelah? Datang ke desa wisata bunga Cihideung, bisa menjadi pilihan tepat.



Saat tiba di tempat ini yang terletak di ketinggian 1100 di atas permukaan laut,   hawa yang sejuk nan segar langsung terasa. Tepatnya di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Lembang Kabupaten Bandung Barat. Dengan luas sekitar 50 hektar, sejumlah delapan puluh persen penduduk di desa ini berkarya dengan pertanian bunga dan tanaman hias.

Maka, bila berjalan-jalan disini mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan bunga-bunga warna warni, kehijauan tanaman hias yang berderet di sepanjang jalannya dan di setiap rumah penduduk. Suasana alam pedesaan di pegunungan, berpadu dengan keindahan bunga-bunga dan hawa yang sejuk,  menjadi suasana yang merelaksasi dan mengesankan. Dijamin, anda pun tak akan pernah bosan.

Bunga-bunga yang dibudidayakan di sini pun beragam. Mulai dari bunga lokal hingga impor. Aneka tanaman kaktus dan tanaman air pun ada di sini. Harga yang ditawarkan mulai dari beberapa ribu rupiah saja hingga ratusan ribu.

Tanaman hias dan bunga-bunga di Cihideung ini biasa diborong oleh para pedagang bunga tidak hanya dari Bandung tetapi juga dari berbagai daerah, serta dicari oleh para penyelenggara acara (event organizer), hotel-hotel,dan café. Karena harganya relatif murah dan pilihan yang beragam. Pertanian bunga dan tanaman hias di sini mulai dikembangkan sejak sekitar tahun 1997.

Untuk mencapai tempat wisata indah ini dari kota Bandung, tidaklah terlalu jauh. Dari Jalan Setiabudi, Kota Bandung jaraknya hanya sekitar 5 kilo meter. Atau sekitar 20 kilo meter dari pusat Kota Bandung ke arah Barat (Lembang). Tidak terlalu jauh dan merepotkan bila dibanding obyek wisata alam Bandung lainnya seperti Tangkuban Perahu atau Maribaya, bukan?

Bila anda lelah, di sini banyak tersebar tempat-tempat makan / café yang juga bernuansa alam yang unik.  Anda dapat berkunjung ke Sapu Lidi Cafe atau Kampung Daun. Makanannya enak, suasananya pun indah. Tapi, bila sedang membludak pengunjung, kita harus 'berjuang' mendapatkan tempat duduk di cafe ini. Setelah itu, bila ingin berbelanja aneka sayur segar langsung dari para petaninya, perjalanan bisa dilanjutkan ke Desa Cigugur Girang (arah Barat). Disini anda akan melihat hamparan kebun brokoli, wortel, kubis, dll.



No comments:

For Hijab Style & Scarf