3.13.2012

Kekuatan dan Keuntungan Beriklan di Blog Internet


Sebagai sebuah media komunikasi untuk beriklan, blog sesungguhnya memiliki potensi kekuatan yang besar untuk menjangkau khalayak. Buktinya, seorang pria ditangkap polisi begitu mengiklankan dirinya sebagai pembunuh bayaran di blog.

Kasus penangkapan pria S (33), di Klender Jakarta Timur, pada 8 Maret lalu cukup mengundang perhatian banyak orang. S yang diduga sebagai pemilik blog jasa pembunuh bayaran ternyata sehari-harinya merupakan seorang karyawan swasta di sebuah perusahaan kontraktor dan mengaku belum pernah menerima order atas iklan pembunuh bayaran miliknya.

Di sini tidak akan dibahas sisi hukum kasus yang menimpa S atas sensasinya membuat iklan jasa pembunuh bayaran. Namun, di sini kita mencoba membuat analisa seberapa kuat blog dapat menjangkau khalayak. Karena, para pengiklan umumnya masih meragukan kekuatan blog dalam menjangkau khalayak dibanding media massa pada umumnya seperti televisi, surat kabar, majalah, dkk. 

Padahal, internet –khususnya blog, merupakan media yang menawarkan kekuatan dan keuntungan sangat besar bagi pengiklan. Umumnya, pengiklan akan melihat dahulu apakah sebuah blog ramai dikunjungi publik atau tidak? Ini tidak salah. Namun, sesungguhnya sebuah blog yang sepi pengunjung pun, dapat menampilkan iklan yang berpotensi menarik khalayak. Ini lebih tergantung pada apa yang diiklankan. Contoh nyatanya adalah blog jasa pembunuh bayaran tadi. Mengapa? 

Karena, kunci untuk meraih khalayak membaca apa yang diiklankan dalam blog adalah produk itu sendiri. Daripada meributkan page rank sebuah blog, lebih penting adalah menilai kepintaran pengelola blog dalam menyampaikan tulisan/ iklan. Masalahnya, banyak blogger hanya pandai meng-copy paste ( ups .. : p) dan bukan menyusun tulisan dengan pemikirannya sendiri. Inilah yang paling penting dipertimbangkan pengiklan.

Seorang penulis blog yang jeli, akan dapat menentukan pilihan kata-kata yang dengan mudah akan dideteksi mesin pencari internet, agar dapat terlihat/ terakses oleh khalayak sasaran. Dengan demikian, khalayak sasaran yang membutuhkan produk/ jasa yang ditawarkan pengiklan, sudah tentu akan dengan mudah menemukan informasi yang dicarinya.

Keuntungan beriklan di blog adalah informasi tersebut dapat menjangkau khalayak dimana saja/ seluruh dunia, tanpa terkendala ruang dan waktu. Bandingkan, dengan tayangan televisi yang hanya tayang satu menit dan hilang. Atau iklan di surat kabar atau majalah yang kertasnya mudah dilupakan/ juga hilang padahal berbiaya mahal. Pengiklan bisa lebih leluasa bernegosiasi dengan blog seberapa banyak informasi yang ingin disampaikannya lewat blog. Keuntungan lainnya biaya beriklan di blog sangat jauh ekonomis, juga waktu penayangannya. Pengiklan dapat dengan mudah menemukan blog  yang mau menayangkan iklan bertahun-tahun bahkan selamanya… hehe

Internet kini telah menjadi bagian gaya hidup yang kian melekat dalam keseharian masyarakat. Sehingga, internet berpeluang menjadi sumber informasi yang utama / diandalkan. Maka, beriklan di internet merupakan pilihan yang menguntungkan. Memang, media massa konvensional umumnya juga memiliki website. Tetapi, mereka menampilkan iklan hanya terbatas—boleh dikata mereka sangat pelit dibandingkan blogger. Sehingga, lebih memilih blog sebagai tempat beriklan bisa menjadi langkah yang efektif. Tinggal, pintar-pintar anda memilih blog yang sekiranya sesuai dengan citra yang ingin anda bangun. Selamat beriklan di blog! 

No comments: