3.09.2012

Pasar Baru Bandung : Serunya Belanja



Suasana dalam Pasar Baru Bandung : selalu ramai
Pasar Baru Bandung boleh dikata merupakan tempat belanja yang adventurir alias seru. Meskipun suasananya sangat ramai dan terkadang kurang nyaman, pasar ini tetap dijejali pengunjung. Orang-orang Malaysia saja jauh-jauh banyak yang datang ke sini lho. Sering juga terlihat bule-bule hanya berkaos tangtop mau berpanas-panas dan berdesakan di pasar ini.  Mau tahu kenapa ?


Berbelanja di sini memang seru. Ada beraneka ragam jenis dan pilihan barang yang ditawarkan mulai dari harga murahan sampai yang mahal pun ada. Karena itu, bila anda berkunjung ke pasar yang terletak di Jalan Otto Iskandardinata Bandung ini dan punya keinginan untuk menjelajahi semua barang yang ditawarkan para pedagang, pasti waktu satu hari tidaklah cukup. Untuk itu anda harus  jeli dan menetapkan hati, apa yang paling saya butuhkan dan inginkan saat berbelanja di sini. Kalau tidak, anda bisa jadi lapar mata, karena tergoda dengan harga murah.

Walaupun sejak 2001 Pasar Baru Bandung telah dibuat dalam bangunan mall berlantai enam,namun suasana layaknya pasar tradisional masih kental terasa. Di sini masih berlaku tawar menawar, para pedagang pun memenuhi bangunan pasar tidak hanya di dalam kios, banyak yang berjualan di lorong-lorong jalannya. Sehingga, suasananya tidaklah senyaman mall pada umumnya. Melainkan, ramai dan riuh rendah baik oleh para pedagang maupun para pembelinya yang bahkan datang juga dari luar negeri, terutama negara tetangga Malaysia.

Pakaian Muslim di Pasar Baru Bandung
Barang yang ditawarkan memang kebanyakan adalah baju-baju, khususnya baju muslim dengan aneka kelengkapannya seperti kerudung / jilbab. Inilah surganya bagi wanita-wanita berjilbab untuk berbelanja. Namun, baju-baju untuk wanita yang tidak berjilbab pun sangatlah banyak, termasuk juga pakaian untuk pria, aneka jaket, jeans, dan juga baju untuk anak-anak. Selain itu, tas-tas mulai untuk anak sekolah, kaum wanita, hingga tas travel pun tersedia di sini. Begitupun, sepatu dan sandal.

Di lantai yang lebih atas dijual juga bahan-bahan tekstil yang umumnya berharga miring. Juga perlengkapan sholat seperti mukena dan sajadah, kain-kain kebaya untuk pengantin, sampai souvenir pernikahan pun bisa ditemui di sini. Selain itu, kebutuhan rumah seperti gordyn, karpet, dll ada pula di sini. Sampai bahan makanan semacam oleh-oleh Bandung seperti keripik oncom hingga makanan dari Arab yang umumnya dibawa sehabis pulang berhaji (air zam-zam, kurma, kacang Arab) juga diperdagangkan di sini.

Kemeriahan suasana Pasar Baru sudah terasa sejak sebelum kita masuk ke dalam bangunannya. Hm, ini selalu menggoda saya. Di sekitar luar pasar pun, akan kita jumpai para pedagang di pinggir-pinggir jalan mulai dari pedagang kerudung, baju-baju, serta aksesoris. Bila anda suka dengan barang murah meriah, bersahabatlah dengan para pedagang kaki lima ini. Karena, meskipun murah, barang-barang para pedagang pinggiran ini  kualitasnya juga baik, bahkan hampir sama saja dengan yang ditawarkan pedagang di dalam bangunan pasar.

Satu tips penting bila anda berbelanja di sini, berhati-hatilah dengan dompet dan tas anda. Karena suasana di sini sungguh ramai, sedapat mungkin kita menghindari tangan-tangan jahil. Bila anda telah lelah berbelanja, tersedia food court di lantai paling atas Pasar Baru ini. Selamat berbelanja!