7.13.2012

Sentra Baju Rajutan di Bandung


Bila anda penyuka baju rajutan, maka Bandung dapat menjadi tempat yang tepat untuk membeli jenis baju ini. Karena di sini ada satu tempat yang menjadi pusat produksi baju-baju rajutan yakni Sentra Industri Rajutan Binong Jati.

Dari sini ribuan produk fashion rajutan seperti baju, kardigan, sweater dan jaket diproduksi setiap hari. Modelnya pun trendy mengikuti perkembangan mode dan pasar fashion. Sehingga, anda tak perlu ragu dengan nilai modisnya. Produk-produk rajutan disini memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar di berbagai wilayah Indonesia, bukan hanya Bandung.

Yang menarik tentu saja harganya yang murah meriah atau terjangkau rata-rata berkisar 30-60 ribu rupiah saja untuk sepotong pakaian. Tapi, itu bila anda membelinya secara eceran. Kebanyakan produsen di Binongjati ini menjual produknya secara grosir alias lusinan.

Namun, tak perlu khawatir. Seiring dengan berkembangnya wilayah ini sebagai tujuan wisata, mulai banyak juga toko-toko yang menjual produk secara eceran. Sentra rajutan ini berada di wilayah pemukiman yang dapat dicapai dari arah Jl. Gatot Subroto atau Jl. Kiaracondong, Bandung.

Di sini bukan hanya terdapat usaha-usaha pembuatan rajutan saja, melainkan juga toko-toko penunjangnya seperti penjual benang rajutan, dan tentu saja toko yang menjadi display penjualan produk baik eceran maupun grosir. Kalau anda memang penyuka rajutan, tempat ini bisa menjadi sangat menarik. Karena, selain berbelanja produk rajutan, anda juga bisa melihat proses pembuatannya dan melihat apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang produksinya.

            
           @clik image for more detail product information

Konon, usaha rajutan disini berawal pada 1965 dari seorang Tionghoa yang menitipkan mesin rajutnya. Kemudian, penduduk disini mulai mengenal dan memproduksi rajutan, hingga puncak perkembangannya di akhir era 90-an atau awal 2000-an. Sehingga, kini ada 400 unit usaha rajutan di sini yang kebanyakan berupa home industri.

Boleh dikatakan hampir seluruh penduduk Binongjati yang meliputi 10 rukun warga bergantung pada industri rajutan ini. Bila anda telah berada di Jl. Binong Jati dan melihat Gapura bertuliskan  'Sentra Industri Rajutan Binong Jati' berarti anda telah sampai di tujuan. Silahkan, melihat-lihat dan membeli rajutan Bandung ini.


4 comments:

fachrezzi said...

Bisa minta nomor kontaknya? 081945568645

Bandung Billboard said...

Bandung billboard bukan sponsor untuk sentra rajutan binong jati. Silahkan datang langsung atau menghubungi pihak ybs.

Lavia baju murah said...

saya ingin pesan baju untuk dijual lagi, bagaimana caranya?

masigit said...

saya tertarik untuk pesan baju rajutnya, berapa jumlah minimalnya?